Home » , » Jenis-Jenis Ikan Louhan Serta Sejarahnya

Jenis-Jenis Ikan Louhan Serta Sejarahnya

Ikan Louhan atau Flowerhorn ini merupakan spesies hibrid. Artinya bahwa ikan louhan bukan spesies asli dari alam tetapi merupakan hasil perkawinan silang oleh manusia dari beberapa jenis cichlid/siklid Amerika atau sering disebut American Cichlid. Oleh karena itu terdapat banyak sekali jenis ikan Louhan hasil dari berbagai perkawinan silang. Tetapi secara garis besar jenis ikan louhan dapat di bagi ke dalam beberapa kategori besar yaitu
Louhan Cencu/ Zhen Zhu(ZZ),
Louhan Kamfa alias Cinghwa,
Louhan Golden Base /GB alias Fader ,
Louhan Kamalau /Golden Monkey,
Red Texas dan
Louhan ThaiSilk.


**Dari dari jenis Cencu terdapat beberapa varian diantaranya Louhan
Super Red Dragon (SRD) dan
Super Red Magma (SRM)



Sejarah Louhan

Pada awalnya ikan louhan ini pertama dikembangkan di Malaysia, Thailand, dan Taiwan. Dari diagram dapat dilihat bahwa awal mulanya berbagai jenis ikan louhan :

  • Louhan Cencu /Zhen Zhu (ZZ)
  • Louhan Kamfa / Chingwa
  • Louhan Faders / Golden Base(GB) / Jin Kang

Skema Awal Perkembangan Ikan Louhan

Jenis Ikan Louhan

1. Louhan Cencu / Zhen Zhu / ZZ

Jenis ikan Louhan cencu ini konon berasal dari perkawinan dari Trimac Cichlid (Cichlasoma trimaculatus)

Ikan Louhan Cenchu Modern - (Team Aries kontes louhan P2LI) Photo: P2LI

Cencu generasi lama






Trimac Cichlid moyangnya louhan cencu
Jenis ikan Louhan Cencu ini digolongkan menjadi Cencu Klasik dan Cencu Modern, perbedaannya ialah pada louhan cencu klasik umumnya mutiara tidak terlalu dominan dan jenong tidak terlalu besar. Sementara untuk louhan cencu modern mutiara dominan hingga menyebar di seluruh badan.

Ciri ciri dari jenis ikan louhan Cenchu / Zen Zhou ini secara umum ialah :



- ada marking di kepalanya, walaupun sekarang ada juga jenis louhan kamfa memiliki marking dikepala,
- mata menonjol keluar dengan warna mata merah atau kuning





Ciri Sirip Louhan Cencu
- memiliki sirip dan ekor "lunak" atau lemas keindahan sirip ini akan semakin tampak bila Semakin tua seekor louhan cencu maka siripnya akan sedikit kuncup atau layu.
- Ada jarak lebar antara sirip dan ekor
ciri body louhan cencu
-bodi oval seperti telur
ciri louhan cencu
- mulut louhan cencu cenderung lebih "monyong" di banding jenis Louhan Kamfa dan mulut bawah lebih panjang dari mulut atas
Dari jenis ikan Louhan Cencu ini di kawin silangkan lagi menjadi banyak varian baru dari Cencu diantaranya louhan SRD (Super Red Dragon), Blue Dragon Louhan, Louhan Red Magma/ Super Red Magma (SRM) dan banyak lagi





2. Louhan Kamfa /Cinghwa

Sekitar tahun 2000-2001, jenis Louhan Kamfa muncul. Dan merupakan hibrid dari jenis flowerhorn disilangkan dengan spesies dari genus Vieja atau dengan parrot cichlid /perrot. [1] Perkawinan silang ini membawa beberapa sifat baru, seperti mulut pendek, wrap tail, mata cekung, dan jenong semakin besar. Melihat hal ini, breeder ikan louhan jenis cencu mulai lagi linebreed dan mempercepatnya agar ikan cencu yang dihasilkan lebih berwarna agar dapat bersaing dengan ikan louhan kamfa"
louhan kamfa
Louhan Kamfa Modern - (Team Aries)- Photo : P2LI.com
kamfa klasik
Louhan Kamfa Klasik
Ikan Vieja Cichlid
Spesies dari Genus Vieja asal mula louhan Kamfa
Ciri ciri Louhan kamfa atau Chingwa lainnya antara lain,

-Tidak ada marking di kepala (tidak mutlak )
ciri louhan kamfa
- Bibirnya lebih "kecil" bila di banding jenis louhan cencu, tertutup, mulut atas dan bawah rata
ciri louhan kamfa
Untuk Louhan kamfa idealnya badan berbentuk kotak
ciri louhan kamfa
- Memiliki sirip dan ekor kaku atau keras;

Bentuk ekor seperti kipas ; merapat dengan sirip ; sejak kecil louhan kamfa sudah menunjukkan siripnya yang kaku, lebar dan selalu berdiri kalau sedang beraktifitas.
Pada bagian ekor, ekor kamfa mengembang berbentuk kipas dan sirip bawah lebar merapat ke ekor, semakin besar akan semakin rapat, dinamakan wrap tail (sirip menutup).
ciri louhan kamfa
Warna mata putih atau kuning ( walaupun jarang, ada juga beberapa yang berwarna merah ) ;
Matanya menjorok kedalam;

Louhan King Kamfa

Louhan King Kamfa atau KKF merupakan pengembangan dari Louhan Kamfa dari breeder Thailand. Nama king merujuk pada kualitas ikan yang super. Pada Louhan king kamfa jenong / kok nya jauh lebih besar dan mutiaranya lebih banyak. Banyak seller ikan louhan yang "nakal" melabeli ikannya dengan nama kingkamfa untuk menambah daya jual.
Ikan King Kamfa
King Kamfa KKF -anakan dari Thailand
 
king kamfa
King Kamfa KKF-9.9 Gene F2 dari thailand
Jenis louhan Kamfa ini lebih susah dikembangbiakan karena ikan jantan dari Louhan Kamfa lebih lama untuk mencapai kematangan seksual yaitu sekitar 1,5-2 tahun dan diketahui beberapa memiliki masalah kesuburan terutama untuk jantannya. Walaupun belum dapat di pastikan namun dari banyak kasus Louhan Kamfa jantan dengan mata merah atau kuning memiliki kemungkinan lebih besar untuk fertile atau subur dibandingkan dengan mata putih.

Louhan ACDC /ZZKamfa /KamfaZZ

Ikan louhan jenis ACDC ini sebetulnya merupakan hasil persilangan antara Louhan jenis Cencu dengan Louhan Kamfa. Ikan louhan jenis ini sering membingungkan karena kadang ikan ini memiliki kombinasi karakter cencu dan kamfa. Untuk memudahkannya orang menyebutnya louhan ACDC. Tetapi kadang orang menyebutnya sesuai dengan karakter yang paling dominan dari ikan.
Istilah ACDC sudah jarang didengar dan digunakan dan hanya Cencu atau kamfa/cinghwa saja.
cencu wrap tail
Ikan Peserta Kontes Louhan P2LI -NoTank 3.Kelas Cencu B(21-25cm) Photo:www.p2li.com --- Ikan Cencu di atas memiliki ekor wraptail/kipas yang dulu hanya dimiliki oleh ikan jenis kamfa/chingwa

3. Louhan Golden Base

louhan GB golden base
Louhan Golden Base/GB
Jenis Ikan Louhan GB (Golden Base) ini dinamai juga faders karena jenis ikan louhan GB ini pada suatu fase akan kehilangan seluruh warnanya dan hanya  berwarna hitam gelap. Kemudian warna hitam itu memudar dan akhirnya louhan berubah menjadi kuning atau merah. Terkadang orang menyebut hal ini sebagai "mutasi". Sifat Faders atau mutasi dari louhan GB ini diperkirakan berasal dari genetik yang diturunkan dari Red Devil Cichlid (Amphilophus Labiatus) atau Midas Cichlid (Amphilophus Citrinelus). 

Red Devil Cichlid atau Midas Cichlid ini mengalamai Amelanism. Apa itu amelanism, amelanism adalah kelainan pigmentasi ditandai dengan kurangnya pigmen yang disebut melanins (pigmen hitam) dan dapat mempengaruhi reptil, ikan, amfibi, dll Munculnya ikan amelanistic (seperti fader/mutasi) sepenuhnya tergantung pada pigmen non-melanin yang tersisa. Dalam beberapa kasus di mana ikan tidak sepenuhnya memudar atau bersih mutasi, dan menyisakan beberapa pigmen hitam yang tersisa, kondisi ini dikenal sebagai hypomelanism.

Lama proses "mutasi" louhan GB hingga menjadi "bersih" ini tidak dapat ditentukan kadang hanya sebentar dalam hitungan hari tetapi kadang berlangsung hingga beberapa bulan. Dalam proses mutasi itu mutiara louhan menjadi taruhannya, ada yang rontok mutiaranya tetapi ada juga yang bertahan. Mutasi bersih dan bertahan mutiaranya (apalagi penuh sebadan) itulah harapan semua pemilik jenis louhan GB ini.

Dari penelitian awal yang dilakukan oleh George W. Barlow yang melakukan studi pada ikan Midas di Nicaragua, ditemukan bahwa morph(mutasi) yang sempurna paling banyak ialah pada sungai Masaya yang dalam dan berair sangat keruh. Sementara di Sungai Apoyo yang berair sangat jernih tidak ditemukan ikan dengan morph sempurna dan masih menyisakan marking dan bercak hitam. Barangkali ada yang mau mencoba agar GB nya bersih bisa dicoba trik ini. 

Semua Jenis ikan louhan yang mengalami mutasi akan disebut louhan GB baik itu jenis louhan cencu, louhan kamfa atau yang lainnya. Jika jenis ikan louhan kamfa yang bermutasi/fader nantinya kita sebut louhan GB kamfa demikian seterusnya.
Red Devil Cichlid moyangnya louhan GB

4. Louhan Kamalau /Golden Monkey

Kamalau
Golden Monkey / Kamalau
Golden Monkey atau Kamalau ( kam = gold and malau = monkey ). Louhan jenis Kamalau/ Golden Monkey ini dibiakkan oleh Mr. Lam Seah dan Lam Soon di Bercham, Ipoh, Malaysia. Setelah 3 generasi Louhan Kamalau ini mulai di perkenalkan dan di jual pada 2001. Pada jaman keemasannya jenis louhan kamalau memiliki harga yang sangat tinggi.
Ciri Ciri Louhan kamalau
bentuk mulut ikan louhan kamalau
Bentuk mulut louhan kamalau ini seperti monyet
 
Bentuk Tubuh Louhan Kamalau
Bentuk tubuh louhan kamalau nampak berotot
Jenis ikan Louhan kemalau ini sudah sangat langka untuk ditemukan. Kalaupun ada harganya pasti sangat tinggi.

5. Red Texas Louhan

red texas louhan
Red Texas Photo : http://www.ciclidos-mexico.com/

Red texas Louhan ini konon merupakan hasil persilangan antara betina kingkong Parrots dengan Green Texas Cichlid Jantan. Seperti juga pada jenis Louhan GB (Golden Base), mutasi atau fader menjadi faktor penentu dari kualitas jenis ini.
"Tingkatan" dari Red Texas Louhan
  • Tidak Mutasi : Tingkatan Terendah.
  • Kuning: Tingkatan Kedua terendah
  • Oranye : kebanyakan Red Texas jatuh di kategori ini
  • Coral: Lebih ke merah muda
  • Merah:  Tingkatan tertinggi dan paling banyak di minati

6. Louhan Thai Silk

louhan thaisilk 
Thai Silk Louhan- Photo : www.australianflowerhorn.com
Untuk jenis ikan louhan Thai Silk "mutiara" / pearl yang rapat menutupi seluruh tubuhnya. Makin rapat dan penuh tubuhnya dengan mutiara makin tinggi nilai thaisilk ini.
Varian louhan Lainnya





Louhan Super Red Dragon SRD

louhan SRD

Louhan Super Red Dragon/ SRD

Jenis louhan SRD ini berasal dari thailand Jenis louhan ini memiliki ciri khas warna merah setengah badan dengan jenong besar (boomhead). Sedangkan mutiaranya tidak terlalu menonjol.
Ikan Louhan SRD merupakan varian dari jenis louhan cencu. Louhan SRD mewarisi karakter dari louhan cencu diantaranya ialah ekor yang renggang
Sesuai namanya Super Red Dragon ikan louhan SRD ini memiliki warna merah yang pekat. Badan Louhan SRD ini umumnya agak pendek

Louhan Red Magma / Super Red Magma ( SRM )

louhan SRM
Tampilan ikan ini mirip dengan Louhan SRD hanya saja jenis ini umumnya memiliki jenong lebih besar dan mutiara pada louhan SRM ini lebih baik. Kemungkinan louhan SRM ini merupakan hasil persilangan dari louhan SRD
Ikan louhan Super Red Magma/SRM
Louhan Red Magma/SRM

super red shock
Super Red Shock (SRS) / Red Monkey
red king kamfa
Louhan Super Red King Kamfa
 
king kamfa louhan
Louhan King Kamfa / KKF
Merupakan varian dari jenis louhan kamfa berasal dari Thailand





louhan kamfamalau

Louhan Kamfamalau Merupakan hasil perkawinan dari Louhan Kamalau / Golden Monkey dengan Louhan Kamfa

louhan kamfa king viper
Louhan Kamfa - King Viper Series
Merupakan varian dari jenis Louhan Kamfa

louhan kamfa tiger king
Louhan Kamfa - Tiger King Series

 
louhan bonsai
Kirin


Demikian Bahasan dari Djoglo Fish Mengenai Sejarah dan Jenis-Jenis Ikan Louhan, semoga bagi yang baru menyukai ikan louhan ini menjadi lebih banyak tahu tentang asal usul louhan itu sendiri. Semoga bermanfaat!

3 komentar:

  1. Yuk Mampir Di Bolacasino88.com
    Dapatkan Promo Spesial Yang Kami Berikan :

    - MINIMAL DEPOSIT 20.000
    - MINIMAL WITHDRAW 50.000

    Dapatkan Promo Spesial Yang Kami Berikan :

    - Bonus Deposit 5000
    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    - Bonus Sportsbook 100%
    - Full Commision Sportbook 0,35%
    - Cashback Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Deposit Games 10%
    - Cashback Games 5%
    - Bonus Komisi Casino 0,8%

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :

    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - WhatsApp ( +855962671826 )

    ReplyDelete
  2. dikasih pakan ikan-ikan kecil saja apakah cukup?

    ReplyDelete

Cari

Popular Posts