Home » » Makanan Ikan Louhan Biar Cepat Jenong

Makanan Ikan Louhan Biar Cepat Jenong

Hal yang menarik dari ikan louhan adalah jenong atau  nong nong yang ada dikepala dan warnanya yang cerah dan unik, itulah mengapa ikan lou han banyak diminati oleh para penggemarnya. Nah sebagai seorang hobiis ikan lou han, kita pasti menginginkan penampilan ikan lou han kita tampil menarik dan prima.

Salah satu perawatan yang bisa mempengaruhi kualitas ikan lou han yaitu dari segi makanan ikan louhan, bahkan pakan sangat berpengaruh pada proses mempercepat tumbuhnya nong nong pada kepala ikan louhan.

Pakan Untuk Ikan Louhan
Ada beberapa jenis pakan yang dapat membuat warna dan corak tubuh lou han menjadi cerah. Pakan tersebut dapat berupa pakan alami, pakan olahan, maupun pakan buatan pabrik.

Pakan alami yang terbaik untuk mencerahkan warna lou han adalah udang karena mengandung karotin. Untuk pakan buatan pabrik dapat dilihat pada kemasannya, sedangkan pakan olahan yang terbaik adalah pakan yang mengandung udang dan hati sapi. Kini, telah tersedia pakan khusus untuk mencerahkan warna yang dibuat oleh Prof. Riset I Nyoman K. kabinawa, M.M, MBA.

Jenong atau Nongnong adalah cirri khas lou han. Ada dua cara untuk membesarkan nongnong, pertama denagn memancing amarah louhan dan kedua dengan memberikan pakan khusus. Memancing amarah lou han dapat dilakukan dengan cara menghadapkan dua ekor louhan samapi keduanya menunjukkan sikap seperti akan berkelahi.

Pada saat marah, lou han akan menegangkan semua sirip dan mengencangkan otot. Pada saat otot muka dan kepala mebnegang diharapkan nongnong terpacu untuk keluar. Cara lain dengan menggunakan cermin yaitu dihadapkan cermin kea rah louhan yang akan dipacu nongnongnya. Pada saat louhan melihat cermin maka louhan akan menjadi marah dan mengencangkan ototnya.

Memperbesar nongnong dapat juga dipacu dengan pakan, yaitu dengan memberi pakan khusus untuk membesarkan nongnong, seperti k3. Menurut prof riset I nyoman k. kabinawa, MM, MBA (mengutip dari buku meyiapkan Louhan ke Arena kontes, 2002) bahwa untuk merangsang nongnong agar menjadi besar, lou han harus diberi pakan yang banyak mengandung lemak dan protein.

Dari pengalamannya menunjukan bahwa louhan diberi pakan dengan kandungan protein di atas 45% dan total lemak 11% yang sebagian besar kandungannya (80%) adalah asam tak jenuh seperti omega-9 yaitu asam linoleat, omega-6 seperti asam glamina linoleat yang terdapat banyak terdapat pada  Spirullina, chlorella, evening primerose, borrage extract, dan asam arachidonat yang banyak terdapat pada lemak tunbuhan dan daging.

Juga 0-3 seperti EPA salmon, dan cakalang. Dalam waktu 2 bulan setelah pemberian pakan beformulasi K3 (kabinawa-3) secara rutin, nongnong lou han sudah besar. Jika nongnong kemps, hanya dalam tempo 2 minggu nongnong akan kembali membesar.

Untuk merangsang elastisitas pada kepala lou han dapat ditambahkan protein, vitamin, dan mineral tertentu dalam pakan lou han. Pakan olahan khusus K3 sudah melengkapi semua unsure tambahan tersebut sehingga mampu meningkatkan elastisitas subkutan pada kepala louhan. Adapun unsur tambahan tersebut adalah valin, metionin, Ca-panthotenat, tripthopan, garam Na, k, dan Mg.

Demikian dari Djoglo Fish tentang Pakan Louhan biar Cepat Jenong dan semoga bermanfaat! baca juga Jenis-Jenis Ikan Louhan

0 komentar:

Post a Comment

Cari

Popular Posts