Home » , » Jenis-Jenis Ikan Hias Molly (Poecilia sp.)

Jenis-Jenis Ikan Hias Molly (Poecilia sp.)

Ikan molly ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki warna-warna yang menarik. Ikan ini juga bersifat damai sehingga cocok untuk di satukan dalam komunitas akuarium. Tidak diperlukan ukuran akuarium yang terlalu besar untuk ikan molly ini karena pada saat dewasa ikan ini hanya akan mencapai ukuran maksimal sekitar 12 cm. Ikan betina memiliki ukuran tubuh lebih besar dari jantan.

Untuk makanan ikan ini termasuk omnivora artinya bahwa ikan ini menyukai semua jenis makan baik itu pelet, cacing rambut, blood worm (cacing beku), dll. Untuk pemeliharaan ikan ini juga termasuk mudah.  Ikan jenis molly ini juga termasuk yang mudah untuk berkembang biak.



Ikan Gold Sailfin Molly

Jenis-Jenis Molly

Secara global molly jenis molly ini dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu Sailfin molly (sirip panjang), Short-fin molly(sirip pendek) atau disebut molly saja, dan lyretail molly (ekor cagak)

1. Sailfin Molly

Yang termasuk ke dalam sailfin molly ada 3 spesies yaitu Poecilia velifera, Poecilia latipinna, and Poecilia petenensis.
"Wild" Green Sailfin Molly (Poecilia petenensis) berasal dari kawasan Amerika Tengah merupakan spesies penghuni .Danau Peten di Guatemala. Ukuran ikan jantan ini bisa mencapai 15cm bahkan lebih; Sementara betinanya bahkan lebih besar. Umur rata-rata ikan ini sekitar 3 tahun. Merupakan salah satu spesies ikan molly terbesar.  Warna tubuh ikan P. petenensis ini mulai dari abu-abu hingga abu-kehijauan. Ikan jantan Memiliki sirip punggung yang lebar dengan ujung berwarna oranye.
"Wild" Green Sailfin Molly Jantan
Sailfin Molly (Poecilia Latipinna) berasal dari sungai San Antonio Texas. Ikan jantan bisa mencapai sekitar 12 cm. Sementara betinanya bahkan lebih besar. Umur rata-rata ikan ini sekitar 3 tahun
Sailfin Molly Jantan
Yucatan Molly ( Poecilia Velifera) berasal dari Yucatan Peninsula. Ukuran dewasa ikan ini bisa mencapai sekitar 12 cm.
Yucatan Molly Jantan

2. Short-fin Molly

Yang termasuk ke dalam short-fin molly ada beberapa spesies diantaranya yaitu Poecilia sphenops, Poecilia mexicana, Poecilia latipunctata, Poecilia salvatoris, dll
Liberty Molly (Poecilia salvatoris) berasal dari El Savador. Molly jenis ini maksimal berukuran sekitar 8 cm. Molly jenis ini cukup agresif dan sering "menggigit" sirip ikan lainnya sehingga orang malas untuk memeliharanya.
Liberty Molly Photo: www.faszination-lebendgebaerende.de
Atlantic Molly (Poecilia mexicana) berasal dari Meksiko. Ukuran dewasa ikan molly ini sekitar 5cm
Atlantic Molly
Broadspotted Molly (Poecilia latipunctata) berasal dari Meksiko
Broadspotted Molly Photo https://www.british-cichlid.org.uk/
Common Molly (Poecilia sphenops) merupakan "leluhur" dari Black molly. Black molly merupakan hibrida (perkawinan silang) dengan sailfin Molly. Black molly ini mengalami "melanistic" yaitu munculnya pigmen gelap pada tubuh atau kebalikan dari albino.
Common Molly ( Poecilia spenops)

3. Molly Hibryds

Molly hibrid ini merupakan hasil perkawinan dari molly untuk menghasilkan molly yang lebih menarik untuk di lihat. Karena mudahnya ikan ini berkembang biak maka terdapat banyak sekali ikan molly dengan jenis / strain baru. Beberapa jenis molly hibrid ini antara lain :
-Molly sirip pendek atau disebut Molly saja
-Black Molly :Berwarna hitam akibat mengalami "melanistic" yaitu munculnya pigmen gelap pada tubuh atau kebalikan dari albino.
-White Molly atau Silver Molly
-Golden Molly: Molly berwarna keemasan.
-Molly Balon : Ikan ini mengalami cacat yang menyebabkan tubuhnya tidak sempurna. Ikan jenis ini dicurigai memiliki rentang hidup yang lebih pendek dikarenakan kecacatannya itu menyebabkan masalah kesehatan ikan.
-Lyretail Molly: Molly dengan ujung ekornya meruncing
-Dalmatian Molly: Molly berwarna silver dengan bercak bercak hitam

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar

Lyretail Molly

Marble Lyretail Molly

Platinum Lyretail Molly

Black Lyretail Molly


Sailfin Molly

Green Sailfin Molly

Black Sailfin Molly Jantan


Harlequin Sailfin Molly Jantan

silver sailfin molly
Silver Sailfin Molly Jantan

Dalmatian Sailfin Molly Jantan

Marbled Sailfin Molly Jantan

molly coklat
Chocolate Sailfin Molly Jantan
 
 
cremesicle
Cremesicle Sailfin Molly Jantan

Tangerine Sailfin Molly
Tangerine Sailfin Molly Jantan

Moly Sirip Pendek / Molly


Silver Molly Jantan

Black Molly

Silver Molly jantan

Moly Balon

Orange Baloon Molly

Black Baloon Molly

Ballon Molly
White Pot Belly Molly / Molly Balon Putih

Gold Dust Molly

Gold Doubloon Molly

Demikianlah yang bisa Djoglo Fish sampaikan tentang Jenis-Jenis Ikan Hias Molly dan semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Cari

Popular Posts